Cara delegasi pekerjaan yang baik

“I not only use all the brains I have, but all I can borrow” – Woodrow Wilson

Mengapa anda tidak mendelegasikan? Mungkin jawabannya berikut :

  1. Resiko tinggi.
  2. Ingin menjadi pusat perhatian (ingin jadi “one man show”, J)
  3. Tidak percaya dengan bawahan.
  4. Tidak tahu bagaimana mendelegasikan suatu pekerjaan.

Pemimpin yang efektif harus menaruh kepercayaan terhadap bawahan mareka. Keberhasilan anda tergantung pada keinginan anda untuk mengandalkan karyawan  dalam mengambil inisiatif, memecahkan masalah, dan menghasilkan sesuatu.

Andrew Carnegie mengatakan , “rahasia keberhasilan bukan terletak pada melakukan pekerjaan anda sendiri, tetapi dalam mengenali orang yang tepat untuk melakukannya”.

Dengan pendelegasian, anda memperbaiki efisiensi kerja. Anda dapat lebih berfokus pada masalah – masalah prioritas dan tidak terbenam dalam pekerjaan yang menghabiskan waktu dan tenaga anda. Pada saat yang sama, anda dapat membuat bawahan anda / rekan kerja anda semakin berkembang dan menjadikan mareka pemberi kontribusi yang lebih bernilai.

Saya jadi teringat cerita seorang teman ketika sedang menunggu giliran interview untuk posisi Personnel Manager di salah satu pabrik di daerah Lippo.  Dia bercerita,” seseorang manager yang berpengalaman sekitar 10 tahun, terdiam ketika ditanya oleh pemilik perusahaan tempat ia melamar pekerjaa., Pertanyaannya sederhana, Bahwa pengalaman dia yang hampir 10 tahun lamanya itu apakah pengalaman yang setiap tahunnya didapat berbeda sampai sepuluh kali ataukah “hanya” pengalaman yang satu tahun tetapi diulang selama sepuluh kali?”

Seorang pemimpin yang baik bukanlah hanya seorang “hard worker” tetapi juga “smart worker”, smart karena dapat mendelegasikan pekerjaan kepada orang yang tepat untuk mendapatkan hasil yang hebat.   Yang sesungguhnya, mendelegasikan adalah memberikan seorang tanggung jawab dan kewenangan untuk melakukan sesuatu yang normalnya merupakan bagian dari pekerjaan anda.

Pendelegasian bukanlah “pelemparan”, apabila bawahan / karyawan berpikir anda melemparkan tugas yang paling anda tidak suka kepada mareka, mareka akan membenci hal itu.

Ikuti petunjuk berikut ini untuk mendelegasikan tugas secara baik :

  1. Mundur : pilihlah tugas yang dapat dikendalikan dan dilaksanakan oleh karyawan itu sendiri. Pastikan individu itu dapat melakukan pertimbangan dan bertindak independen. Jika anda mengelola hal – hal kecil, pendelegasian akan lebih merugikan daripada menguntukngkan.
  2. Jelaskan penugasan : pastikan bahwa karyawan memahami kegunaan, tujuan, dan ukuran kinerja yang anda gunakan untuk menilai keberhasilan.hilangkan ambiguitas dan terapkan tenggat waktu yang jelas.
  3. Laksanakan suatu uji Saya tidak disini ; kenali aspek utama dari pekerjaan anda, dan putuskan siapa yang akan menangani tanggung jawab tersebut bila anda tidak hadir.

Keuntungan dari pendelegasian yakni :

  1. Meningkatkan keleluasan waktu manager / pimpinan untuk memikirkan hal penting lainnya.
  2. Mengembangkan kemampuan karyawan / bawahan.
  3. Menunjukkan kepercayaan delegasi.
  4. Meningkatkan komitmen delegasi.
  5. Meningkatkan pengambilan keputusan.
  6. Meningkatkan efisiensi.

Tetapi perlu di ingat ada hal – hal yang musti diperhatikan ketika mendelegasikan tugas, yakni :

  1. Kualifikasi / kemampuan bawahan.
  2. Kebutuhan komitmen karyawan.
  3. Kemampuan bawahan dalam menyerap tugas baru.
  4. Ada bukti untuk kebersamaan.
  5. Adanya waktu untuk delegasi.

MARI MENUJU KERJA PINTAR  (SMART WORK), KARENA KERJA KERAS (HARD WORK) SUDAH MULAI TIDAK COCOK LAGI UNTUK ORGANISASI PERUSAHAAN SAAT INI. THINK IT.

Tentang amir.hamzah

seorang suami yang mencintai anak dan istrinya.
Pos ini dipublikasikan di HR MANAGEMENT dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s