INTERVIEW – ASIKNYA…..

Interview adalah pertemuan yang terstruktur antara anda dan pekerja, yang dilakukan untuk mendalami karakter atau knowledge anda apakah cocok atau tidak dengan pekerjaan yang anda lamar.

Interview merupakan dua cara untuk menentukan :

  1. Bagi pengusaha :untuk menentukan apakah anda cocok/ sesuai dengan pekerjaan dan budaya kerja mareka.
  2. Bagi pekerja : anda menentukan apakah anda cocok dengan lingkungan kerja perusahaan tersebut.

Hal yang dilakukan sebelum anda memutuskan untuk mengikuti interview adalah:

  1. Pelajari dan teliti dahulu mengenai perusahaan tersebut.
  2. Pelajari lagi resume atau surat lamaran anda.
  3. Bahwa anda mengenal sistem dan cara kerja untuk posisi yang dilamar.
  4. Siapkan beberapa jawaban dan contoh – contohnya, (silakan lihat beberapa jawan yang sering muncul saat interview).
  5. Pikirkan pertanyaan – pertanyaan yang akan anda tanyakan kepada interviewer.
  6. Bawalah dokumen original ( biasanya diperlukan untuk menunjukkan keseriusan anda).

Informasi  yang sebaiknya di tampilkan di Resume CV anda, yakni :

  1. Indentifikasi / gambaran mengenai diri anda.
  2. Informasi pendidikan.
  3. Pengalaman kerja.
  4. Seminar / Pelatihan yang pernah di ikuti ( tapi yang relevan aja ya…)
  5. Keterampilan komputer dan kemampuan bahasa asing.
  6. Asosiasi atau klub profesional.

Berikut tampilan pilihan, boleh diikuti boleh tidak.

  1. Tujuan karir anda .
  2. Kemampuan atau keterampilan khusus.
  3. Referensi teman / atasan anda.

Tip dalam menghadapi interview.

  1. Ingatlah nama interviewer dan cobalah untuk mengingatnya.
  2. Pastikan anda menjawab semua pertanyaan.
  3. Tunjukkan bahwa anda tertarik atau benar – benar antusias untuk posisi tersebut.
  4. Tanyakan setidaknya satu pertanyaan ketika anda diminta untuk bertanya.
  5. Cobalah untuk tersenyum selama interview.

Hal yang perlu dihindari saat interview berlangsung.:

  1. Jangan menanyakan gaji kecuali diminta oleh interviewer / pewawancara.
  2. Jangan terlihat seolah – olah anda hanya mencari – cari alasan atas pertanyaan yang diberikan.
  3. Jangan mengatakan hal – hal negatif tentang perusahaan anda sebelumnya.
  4. Jangan terlalu banyak bicara.
  5. Jangan lupa sopan santun.

  6. Jangan lupa untuk bersantai dan menjadi diri sendiri.
  7. Jangan lupa berterima kasih kepada interviewer / pewawancara ketika selesai.

selamat menikmati proses recruitment. semoga berhasil.

Tentang amir.hamzah

seorang suami yang mencintai anak dan istrinya.
Pos ini dipublikasikan di HRD dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s