Hal yang perlu disiapkan oleh pelamar pekerjaan…

Bagi – bagi info nih buat pelamar kerja yang baru ataupun buat orang HR di bagian recruitmen. Ada baiknya dalam menyiapkan data / dokumen pendukung dari pelamar kerja, di buatkan list yang harus dipenuhi oleh si pelamar kerja tadi agar ketika join atau bergabung nanti, personnel data karyawan udah lengkap dan gak perlu panggil-panggil lagi untuk memmeuhi syarat yang kurang.

Data yang perlu disiapkan yakni :

1. Surat Lamaran Kerja.

Yang ini wajib, karena inilah presentasi diri kita, semakin ringkas dan padat serta eye frienly. Mengenai cara membuat lamaran yang baik, nanti deh di bahas tersendiri.

2. Daftar Riwayat Hidup (curriculum Vitae)

Sama seperti surat lamaran kerja, ini di buat seringkat mungkin dan factual. Lebih simple lebih baik.

3. Fotocopy Ijazah terakhir & Nilai / Transkrip Terakhir

Kalau ini cukup fotocopy pendidikan terakhir aja, jangan dari yang SD sampai S1 di fotocopy, mubazir, karena hr akan melihat yang terakhir lagian jadi tambah biaya…

4. Sertifikat pendukung.

Berikanlah copy sertifikat yang berkenaan dengan pekerjaan yang akan dilamar, jangan pekerjaan yang dilamar staff akunting tapi fotocopy sertifikat yang diberikan seminar masak, ya gak nyambung. Sertifikat pendukung itu perlu untuk menambah nilai jual kita pada perusahaan.

5. Surat keterangan bekerja dari perusahaan sebelumnya.

Hal ini  berlaku bagi yang sudah pernah bekerja, biasanya hr membutuhkan ini untuk mereferensi si karyawan apakah cocok untuk bekerja di posisinya.

6. Surat keterangan kelakuan baik  dari kepolisian

Sebagian hr perusahaan mensyaratkan hal ini. Tapi sebenarnya kategori “baik” itu relatif, tapi berdasarkan surat ini, baik itu tidak bermasalah dengan hukum. Tinggal pintar – pintar hr nya mau pakai baik menurut hukum atau baik dalam artian personnel character nya.

7. Fotocopy KTP yang masih berlaku.

Dokumen ini dibutuhkan untuk memastikan area tempat tinggalnya, contohnya ada sebagian perusahaan di rekomendasikan oleh disnaker untuk membuat porsi karyawan. Misalnya 70% penduduk setempat sisanya  boleh dari luar. Hal ini umumnya dipraktekkan untuk direct labor.

8. Fotocopy Rekening bank (jika ada).

Hal ini diminta oleh hr biasanya jika sudah ada kepastian untuk join keperusahaan.

9. Fotocopy Kartu Peserta Jamsostek (KPJ)

Hal ini dibutuhkan untuk amalgamasi kepersertaan jamsostek.

10. PHOTO ; 2 x 3 = 2 lembar.

Biasanya di minta salahsatunya untuk ID Card karyawan, syukur-syukur jika perusahaan sudah menerapkan ID Card seperti teknologi bua SIM, jadi gak perlu ngumpulin Photo lagi.

11. Fotocopy Kartu Keluarga.

Diperlukan untuk data pelengkap asuransi.

12. Surat Keterangan Sehat diterbitkan dari rumah sakit dengan diagnosa dokter.

Nah ini juga sangat perlu. Karena jika karyawan tersebut sudah bergabung, ternyata kemudian absensi nya jelek karena banyak sakit, ujung – ujungnya hr juga yang di komplain usernya…

13. Fotocopy Kartu NPWP.

Sangat – sangat penting, apalagi untuk perusahaan yang system payrollnya gross up, tekor dong 20% lebih banyak bayar pajaknya karena nerima karyawan yang gak punya NPWP,  orang accounting bisa cemberut tuh…

14. Fotocopy SIM A/C  Fotocopy STNK  bagi yang bawa kendaraan pribadi.

Untuk sebagian perusahaan ini perlu, apalagi dengan kapasitas parkir yang terbatas, juga jika ada karyawan yang bawa motor tanpa punya SIM, dan kecelakaan di jalan ketika hendak pergi kerja, repot tuh orang hr ngurusnya , mending di “pagari” dulu, bila perlu masukkan ke perjanjian kerja, bila gak ada SIM tapi nekat bawa kendaraan pribadi ke tempat kerja,  tanggung sendiri bila ada resiko kecelakaan kerja, dan dikenai sanksi surat peringatan.

Demikian hal – hal yang perlu diperhatikan oleh pelamar kerja dan juga orang Human resources. Jika ada yang mau nambahin, monggo… terima kasih.

Tentang amir.hamzah

seorang suami yang mencintai anak dan istrinya.
Pos ini dipublikasikan di HRD dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s